6 Penyebab Motor Mati Mendadak

cakrawalaRafflesia – Ada beragam kerusakan yang bisa menimpa sepeda motor, salah satunya yaitu mesin motor yang mati mendadak mati. Sepeda motor mati ini sering dialami oleh pengendara sepeda motor. Lantas, apa sebenarnya penyebab motor mati mendadak? Simak penjelasannya berikut.

Diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan motor mati. Penyebab yang sering terjadi adalah kehabisan bensin. Faktor lain juga bisa karena busi basah akibat hujan. Nah untuk selengkapnya,  berikut ini penyebab motor mati mendadak.

1. Kehabisan Bensin

Penyebab mesin motor mendadak mati yang paling sering terjadi dan dialami banyak orang adalah kehabisan bensin di jalan. Karena bensin merupakan bahan bakar utama untuk bisa membuat mesin berjalan.

Baca Juga:
Modifikasi NMAX Simple Elegan: Mulai dari Cat hingga Spion, 4 Ide Ini Bisa Jadi Inspirasi

Jika bahan bakar habis, tentunya sepeda motor tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya anda perlu mengisi motor anda dengan bensin agar bisa digunakan kembali.

2. Bensin Terblokir

Penyebab  lainnya motor tiba-tiba mati adalah saluran bahan bakar yang tersumbat. Biasanya saluran gas tersumbat karena kotoran di filter bahan bakar sehingga bahan bakar tidak bisa disalurkan ke ruang bakar.

Anda perlu memeriksa filter bahan bakar di tangki bahan bakar. Jika kotor, Anda perlu membersihkannya atau bahkan menggantinya dengan filter baru agar lebih awet.

3. Busi Mati

Baca Juga:
Astrea Grand Modif Simple: Ini 4 Ide yang Bisa Dipakai, Tunggangan Dijamin Ganteng

Penyebab selanjutnya yang membuat motor mendadak mati adalah busi mati. Ada beberapa penyebab busi bisa mati, yaitu masalah pada kabel busi, masa pakai busi yang sudah habis, busi kotor dan busi basah. Kabel busi bisa lepas atau putus sehingga busi tidak bisa menyala.

Baca Juga :  Simak 7 Tips Aman Bonceng Anak saat Naik Motor, Biar Gak Waswas Ketika dalam Perjalanan

Busi seumur hidup yang sudah habis juga bisa terjadi. Pastikan Anda mengganti busi setiap 25.000 km. Untuk busi yang kotor harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan ampasnya untuk menghilangkan kerak yang biasanya muncul pada mata busi.

4. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan motor berhenti tiba-tiba. Ada beberapa penyebab mesin overheat, yaitu sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik dan sistem pelumasan yang bocor atau tersumbat.

Kipas pendingin yang mati atau radiator yang bocor merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sistem pendingin tidak bekerja secara maksimal. Sistem pelumasan yang bocor atau tersumbat juga membuat mesin menjadi overheat. Biasanya terjadi kebocoran pada kepala silinder, baik karena baut yang kendor atau gasket yang rusak.

5. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Tepat

Umumnya setiap mesin kendaraan bermotor memiliki spesifikasi tersendiri untuk penggunaan bahan bakarnya. Umumnya bahan bakar yang akan menggunakan setidaknya beroktan 90/92. Jika di bawah itu kemungkinan lead akan lepas dan menyebabkan klep tersumbat sehingga motor mati mendadak. 

6. Kurang Perawatan 

Anda wajib melakukan servis setelah melakukan perjalanab 10.000 km. Motor yang jarang melakukan perawatan suatu saat bisa mati mendadak karena suku cadang di dalam mesin sudah aus sehingga tidak bisa menghidupkan mesin.

Lakukan servis rutin pada sepeda motor Anda. Biasanya teknisi akan memberikan gambaran dan informasi bagian mana yang sudah aus dan perlu diganti. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari mesin yang tiba-tiba mati.

Demikian ulasan mengenai penyebab motor mati mendadak. Pastikan Anda selalu memperhatikan sepeda motor Anda sebelum menggunakannya dan pastikan juga untuk selalu merawatnya agar awet, tahan lama, dan siap digunakan kapan saja.

Baca Juga :  Mendarat di Indonesia, Ini Harga Mazda CX-5 Terbaru

Kontributor : Ulil Azmi

Tinggalkan komentar