Site icon Otomotif

4 Keunggulan dan Kelemahan Masing-Masing Jenis Bahan Bakar Diesel

cakrawalaRafflesia – Varian bahan bakar yang dijual di Indonesia semakin banyak. Mulai dari bahan bakar jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, hingga Dexlite dan Pertamina Dex. Publik,  hingga saat ini, terkadang masih mengalami salah kaprah dan kurang bisa mengetahui beda Dexlite dan Pertamina Dex.

Dalam artikel singkat kali ini akan sedikit dibahas mengenai hal tersebut. Sederhana saja, agar pemahaman mengenai perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex bisa lebih luas, sehingga tak lagi terjadi salah kaprah.

Berikut daftar perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex yang bisa Anda simak.

Ilustrasi stasiun pengisian bahan bakar minyak biosolar. (Pexels)
Ilustrasi stasiun pengisian bahan bakar minyak biosolar. (Pexels)

1. Kandungan Oktan

Baca Juga:
Harga BBM Meroket di Amerika Bikin Pengendara Pusing, Kini Mobil Nganggur Berjamaah dan Jarang Dipakai

Pembeda utama dari Dexlite dan Pertamina Dex adalah pada kadar oktan yang dikandungnya. Untuk bahan bakar Dex sendiri, oktan yang dimiliki adalah senilai CN 51, kemudian untuk Pertamina Dex memiliki nilai oktan CN 53.

Semakin tinggi kadar oktan, maka semakin baik kualitas bahan bakar untuk digunakan di dalam mesin kendaraan Anda.

2. Kandungan Sulfur Maksimal

Selain perbedaan oktan, kedua bahan bakar diesel ini memiliki perbedaan lagi di sektor kandungan sulfur maksimal. Untuk Dexlite, kandungan sulfur maksimalnya ada di angka 1.200 PPM, sedangkan Pertamina Dex memiliki sulfur maksimal di angka 300 PPM.

Semakin tinggi kandungan sulfur yang dimiliki sebuah jenis bahan bakar, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin akan semakin buruk. Maka dari itu, bahan bakar dengan kandungan sulfur rendah akan berarti kualitasnya lebih baik.

Baca Juga:
Sopir Truk Dibikin Geram dengan Ulah Pemobil Isuzu Panther, Ngaku Isi Dexlite Ternyata Timbun Ratusan Liter Solar

3. Keberadaan Zat Additive

Perbedaan selanjutnya adalah bahwa bahan bakar Dexlite tidak memiliki zat additive, sedangkan Pertamina Dex memiliki kandungan zat additive yang ditambahkan. Zat additive sendiri merupakan zat yang dapat memberikan perlindungan ekstra pada mesin diesel kendaraan Anda.

Selain itu, Pertamina Dex memiliki standar Euro 3 yang tak dimiliki oleh bahan bakar Dexlite. Standar Euro 3 ini menjadi tanda bahwa emisi yang dihasilkan lebih rendah, dan sesuai dengan standar terkini.

4. Perbedaan Harga

Untuk harga dari Dexlite sendiri adalah Rp12.950 per liternya, sedangkan Pertamina Dex dijual dengan harga Rp13.700 per liternya.

Itu tadi sedikit informasi mengenai beda Dexlite dan Pertamina Dex. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya.

Exit mobile version