Penasaran, ternyata ini adalah fungsi VVT-I

cakrawalaRafflesia – Tentu saja, VVT-I saat ini bukanlah hal yang asing lagi di industri otomotif. Meski mulai populer di tahun 2000-an, sebenarnya teknologi ini sudah digunakan sejak tahun 1991. Namun tahukah Anda apa sebenarnya fungsi VVT-I pada kendaraan Anda?

Memahami Apa Itu VVT-I

VVT-I sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Variable Valve Timing-Intelligent. Teknologi ini dapat mengatur kerja katup pemasukan bahan bakar secara otomatis, sehingga pembakaran yang terjadi menjadi lebih efisien. Tenaga yang dihasilkan lebih optimal, bahan bakar lebih hemat, dan emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Fungsi VVT-I pada Kendaraan

Baca juga:
5 Rekomendasi Mobil Keluarga Murah Terbaik Untuk Mudik

Mungkin jika melihat definisi VVT-I di atas, sekilas bisa dilihat apa fungsi utama dari teknologi ini. Tak heran, hampir semua mobil modern Toyota telah menyematkan teknologi ini, sebagai salah satu perubahan besar yang memasuki era 2000-an.

Fungsi VVT-I adalah sebagai berikut:

  • Atur waktu buka dan tutup katup masuk sesuai dengan beban kerja mesin.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, sehingga tidak boros.
  • Meningkatkan output energi yang dihasilkan.
  • Membuat gas buang lebih ramah lingkungan berkat pembakaran yang sempurna.

Secara umum, fungsi VVT-I pada kendaraan masa kini sebenarnya sudah menjadi fungsi dasar. Karena untuk merespon laju pemanasan global yang tidak terbendung, diperlukan inovasi seperti teknologi ini agar manusia tetap dapat melakukan aktivitas dengan dampak lingkungan yang minimal.

Unit Mobil Toyota Menggunakan Teknologi VVT-I

Seperti disebutkan sebelumnya, mobil Toyota modern telah sepenuhnya menggunakan teknologi ini dalam sistem mesin mereka. Bahkan di beberapa mobil, disematkan teknologi seperti Dual VVT-I.

Baca juga:
5 Gejala Sensor VVT-I Rusak, Pengguna Mobil Wajib Tahu

Baca Juga :  Kelakuan Sopir Kijang Krista Berpelat Dinas Bikin Publik Geram, Laju Ambulans Dihalang-halangi

Mobil yang sudah menggunakan teknologi ini cakrawalaRafflesia lain Camry, Corolla Altis, Kijang Innova, Avanza, hingga Fortuner dan Yaris. Sedangkan mobil yang sudah menggunakan Dual VVT-I misalnya adalah Toyota Altis.

Bagaimana menurutmu? Apakah Anda mendapatkan gambaran tentang apa saja fungsi VVT-I yang disematkan pada mobil-mobil Toyota di atas? Di pabrikan lain, teknologi ini dapat diadaptasi, dengan nama yang berbeda tetapi fungsi utamanya sama. Semoga artikel ini bisa menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat beraktifitas!

Tinggalkan komentar