Empat penyebab remote mobil rusak

Jakarta (cakrawalaRafflesia) – Penggunaan remote pada kendaraan, saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Meski begitu, para pengguna jangan terlena oleh alat yang dapat memudahkan pemilik untuk mengunci dan membuka pintu, pasalnya bisa saja alat tersebut tidak dapat digunakan secara tiba-tiba.

Baca juga: Langkah perawatan motor yang dipakai mudik

Auto2000 dalam laman resminya, pada Rabu mebhelaskan ada empat hal yang bisa menyebabkan remote kendaraan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Remote dalam keadaan rusak

Salah satu penyebab yang membuat pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote adalah kerusakan pada remote mobil itu sendiri. Salah satu ciri remote mobil yang rusak adalah lampu indikator dari remote tidak menyala atau tombol-tombol yang ada pada remote mengalami kerusakan seperti tidak dapat ditekan.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan remote mobil rusak, cakrawalaRafflesia lain: remote mobil sering terjatuh, remote mobil sering tertekan, dan bahkan remote mobil sering ketumpahan air. Oleh karena itu, perhatikan di mana Anda meletakkan remote mobil, jangan sampai disimpan di tempat sembarangan agar tidak rusak.

Baca juga: Tujuh cara jaga kondisi motor tetap prima seusai perjalanan jauh

Baterai yang sudah drop

Baterai remote mobil yang habis juga dapat menyebabkan pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote. Salah satu ciri baterai remote yang habis adalah lampu indikator dari remote mobil tidak menyala saat tombol perintah ditekan.

Baterai sendiri adalah sumber daya tenaga dari remote mobil. Maka dari itu, ketika baterai remote mobil habis, Anda harus segera mengganti baterai tersebut agar fungsi remote mobil bisa digunakan kembali.

Receiver remote mobil rusak

Ada beberapa komponen remote mobil yang tertanam langsung di dalam mobil, salah satunya adalah receiver dari remote mobil tersebut. Fungsi dari receiver remote mobil adalah untuk menerima gelombang yang diberikan oleh remote mobil ketika salah satu tombolnya ditekan.

Baca Juga :  Sensasi Aprilia RS 660, motor sport seharga Rp600 jutaan

Receiver dari remote mobil akan menginterpretasikan perintah yang diberikan seperti mengunci pintu mobil dan akan mengeksekusinya. Jadi, jika receiver remote mobil mengalami kerusakan, perintah yang diberikan tidak akan bisa dijalankan. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi, Anda harus segera memperbaikinya.

Frekuensi remote mobil terganggu

Daerah dengan gelombang elektromagnetik yang tinggi bisa saja mempengaruhi kinerja remote mobil seperti membuat pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote.  Daerah seperti ini biasanya adalah area di sekitar menara SUTET (Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi), menara radio atau TV, dan sejenisnya.

Namun tenang saja, gangguan tersebut biasanya hanya bersifat sementara dan tidak akan mempengaruhi performa remote mobil ketika Anda berada di daerah lain. Agar remote mobil tetap bekerja dengan normal, hindari area dengan gelombang elektromagnetik tinggi yang dapat mengganggu frekuensi remote mobil.

Baca juga: Yang harus dilakukan ketika mobil “over heat”

Baca juga: Tiga tips sederhana untuk pemudik dengan sepeda motor

Baca juga: Lima langkah periksa kondisi mobil sebelum mudik

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © cakrawalaRafflesia 2022

Tinggalkan komentar