Era Sepeda Motor Listrik Akan Tiba, Begini Skema Pembiayaan dari PT FIFGROUP

cakrawalaRafflesia – PT Federal International Finance atau PT FIFGROUP adalah bagian dari Astra Financial, anak perusahaan PT Astra International Tbk, perusahaan nasional di Tanah Air yang terbagi dalam tujuh bidang usaha, cakrawalaRafflesia lain sektor otomotif, jasa keuangan, serta asuransi.

Dipetik dari acara Silaturahim dan Halal Bihalal FIFGROUP bersama Media yang digelar secara daring pada Rabu (25/5/2022) dan cakrawalaRafflesia hadir sebagai salah satu undangan, Margono Tanuwijaya, Chief Executive Officer (CEO) PT FIFGROUP mengungkapkan skema pembiayaan sepeda motor listrik yang kelak akan diaplikasikan.

Menyongsong era elektrifikasi, sektor otomotif Indonesia telah melakukan serangkaian edukasi sampai realisasi kendaraan bertenaga listrik.

Acara Silaturahim dan Halal bihalal PT FIFGROUP [FIFGROUP].
Acara Silaturahim dan Halal Bihalal PT FIFGROUP [FIFGROUP].

Tidak terkecuali di sektor roda dua atau sepeda motor sampai skuter listrik, dengan wacana baterai tukar pakai atau swappable untuk efisiensi waktu.

Baca Juga:
Gelar Temu Daring, PT Federal International Finance Umumkan Pertumbuhan Positif Tahun Ini

PT FIFGROUP sendiri memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian sepeda motor baru produksi PT Astra Honda Motor (AHM).

“PT Astra Honda Motor nantinya akan melakukan start penjualan di sektor sepeda motor listrik, sehingga kami juga harus menyiapkan skema pembiayaan sepeda motor listrik,” papar Margono Tanuwijaya.

Untuk pelaksanaannya, sebagai pendukung PT FIFGROUP akan menilik langkah pemasaran yang dilakukan PT AHM terlebih dahulu.

“Apalagi sistem penjualan sepeda motor listrik Honda ini tidak jauh berbeda seperti pemasaran kendaraan roda dua mereka yang menggunakan ruang bakar atau Internal Combustion Engine (ICE), maka skema kami tidak akan jauh berbeda,” tandas Margono Tanuwijaya.

Yaitu dengan acuan harga produk, pembiayaan, suku bunga, berapa lama angsuran, seperti proses layanan seperti yang dikenal pada umumnya.

Baca Juga:
Sah, Menparekraf Resmikan Layanan Sepeda Motor Listrik di Kawasan Borobudur

Baca Juga :  Masih Studi, Honda Menyatakan Belum Akan Jual PCX Listrik di Indonesia

Akan tetapi, bila skema yang diterapkan PT AHM mengacu pada peraturan baru atau berbeda dari biasa, seperti motor dijual tersendiri atau terpisah, kemudian baterai pemasok daya juga dijual tersendiri, maka skema pembiayaan akan berbeda.

“Skema dari PT AHM inilah yang nantinya menjadi acuan kami dalam memberikan layanan pembiayaan,” ujar Margono Tanuwijaya.

Bergerak di bidang layanan pembiayaan, PT FIFGROUP sendiri memiliki empat lini bisnis utama, yaitu meliputi:

  1. FIFASTRA, jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda
  2. DANASTRA, jasa pembiayaan multiguna
  3. SPEKTRA, jasa pembiayaan multiproduk
  4. AMITRA, jasa pembiayaan syariah PT FIF.

FIFASTRA sebagai core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, atau mengalami kenaikan 9,10 persen dibanding periode sama pada 2021, yang mencapai Rp 6,51 triliun.

Selain itu mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8 persen, menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022, dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.

Tinggalkan komentar