Field Coil pada Motor Starter Berfungsi untuk Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

cakrawalaRafflesia – Mobil memiliki berbagai komponen dengan perannya yang vital, salah satunya field coil. Kira-kira apa field coil motor starter berfungsi untuk apa? Untuk lebih jelasnya, mari simal ulasannya berikut ini.

Diketahui, field coil ini berada dalam sistem kelistrikan mobil yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik agar mesin dapat menyala saat tombol start button dalam on.  Field coil merupakan komponen penghantar arus listrik yang terkoneksi dengan armature.

Sistem ini ditemukan pertama kali oleh Charles Kettering pada tahun 1919 di Amerika. Dia merancang sistem kelistrikan ini dengan cara menggerakkan motor starter serta pengapian secara bersamaan. Lalu, field coil pada motor stater berfungsi untuk apa? Begini penjelasannya.

Fungsi Field Coil Pada Motor Starter

Baca Juga:
Cek Oli Mesin, Benarkah Mobil Perlu Dipanaskan Tiga Menit?

Fungsi field coil pada motor starter ini sebagai pebangkit medan magnet. Saat field coil dialiri oleh arus yang besar yang berasal dari baterai, maka akan terbentuk medan magnet. Keberadaan medan magnet ini berfungsi pada kerja motor starter untuk menghasilkan energi gerak yang berupa putaran.

Field coil sendiri berasal dari lempengan tembaga. Bahan lempengan tembaga dapat bertahan jika dialiri oleh arus yang besar. Untuk field coil pada motor starter ini terdapat empat buah. 

Perlu diketahui, field coil ini dalam prosesnya tidak bekerja sendiri. Adapun beberapa komponen yang membantu kerja field coil pada motor starter yakni Armatur, Komutator, Brushes, Solenoid, Plunger, Tuas garpu, dan Pinion.

Kira-kira  komponen-komponen field coil pada motor starter berfungsi untuk apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Armatur adalah komponen yang menghasilkan daya elektromagnet yang dipasang pada bagian poros penggerak serta bantalan untuk penopang.
  • Komutator adalah bagian pada poros belakang rumahan yang mana sebagai tempat brushes berjalan gunamenghantarkan listrik.
  • Brushes ini berjalan pada komutator bagian belakang rumahan, yang mana ini berfungsi untuk membuat kontak komutator serta menghantarkan listrik.
  • Solenoid ini berisi dua gulungan kawat yang melilit sekitar inti. Solenoid ini berfungsi sebagai saklar guna menutup sambungan listrik serta menyalurkan motor starter  menuju aki kendaraan.
  • Plunger bekerja menggunakan baterai kendaraan yang terkoneksi serta solenoida guna mendorong plunger ke bagian depan dan mengaktifkan pinion.
  • Tuas garpu terhubung ke plunger yang berfungsi untuk mengaktifkan pinion
  • Pinion adalah kombinasi cakrawalaRafflesia pegas dan roda gigi. Jika starter diaktifkan, maka roda gigi memanjang ke bagian rumah gearbox yang kemudian terhubung dengan flywheel. Ini berfungsi untuk memutar mesin dan memulai proses pembakaran.
Baca Juga :  Daftar 10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Juni 2022

Demikian informasi mengenai fungsi field coil pada motor starter. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga:
Mengenang Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Ini Mobil Klasik Merakyat yang Setia Menemani

Kontributor : Ulil Azmi

Tinggalkan komentar