Flasher Motor Berfungsi untuk Apa? Simak Peran dan Jenisnya di Sini

cakrawalaRafflesia – Sepeda motor memiliki berbagai komponen penting salah satunya yaitu flasher. Jika komponen ini mengalami kerusakan, ini akan membuat kendaraan tak berfungsi dengan baik. Lantas, flasher motor berfungsi untuk apa?  Untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya.

Diketahui, flasher motor adalah komponen yang memiliki daya listrik sehingga ketahanannya bisa mencapai tahunan. Komponen inipenting pada motor, yang mana jika mengalami kerusakan dapat membahayakan komponen lainnya.

Flasher ini mempunyai peranan penting untuk menyalakan maupun mematikan lampu sein  motor. Jika flasher tidak berfungsi, maka lampu sein tak dapat menyala terang.

Adapun cara kerja flasher motor ini yaitu dengan mengirim arus listrik pada lampu sein motor sehingga lampu dapat menyala terang atau berkedip-kedip. Flasher motor ini berbeda-beda karena disesuaikan dengan jenis kendaraannya.

Baca Juga:
New Honda ADV 160 Dibanderol Mulai Rp 36 Juta, Tersedia Pilihan 2 Tipe dan 6 Warna

Meski flasher motor ini memiliki  banyak varian, namun fungsinya tetap sama. Lantas, flasher motor berfungsi untuk apa? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasannya yang dilansir situs resmi Suzuki.

 Fungsi Flasher Motor 

Fungsi flasher motor yaitu untuk menjalankan lampu sein pada sepeda motor agar bisa menyala terang atau berkedip-kedip. Sebenarnya jika motor tidak menggunakan flasher juga akan tetap bisa membuat lampu sein menyala, hanya saja nyalanya menjadi kurang terang. 

Nyala lampu sein yang kurang terang Ini tentunya mengganggu kenyamanan saat berkendara pada malam hari. Selain itu, flasher motor juga mempunyai tempo waktu yang berbeda-beda dan teratur sesuai dengan desain  jenis motor yang Anda miliki.

Sebagai pemilik kendaraan, penting mengetahui flasher motor berfungsi untuk apa, agar nanti jika lampu sein pada motor Anda nyalanya redup, itu artinya flasher motornya bermasalah dan perlu diperbaiki.

Baca Juga :  Resmi Mengaspal di Jogja, Segini Banderol Aprilia SR GT 200

Baca Juga:
Sah! PT AHM Antarkan New Honda ADV 160 ke Pasar Nasional

Nah setelah mengetahui fungsi flasher motor, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis-jenis flasher. Adapun jenis-jenisnya yakni sebagai berikut:

  • Flasher LED adalah jenis flasher khusus motor modifikasi yang memiliki ukuran lebih ringan, dan dibekali komponen potensio mini yang berfungi mengatur waktu kedipan.
  • Flasher 3 Kaki adalah flasher yang sering digunakan oleh mobil. Flasher ini lebih awet dibanding flasher LED.
  • Flasher Standar Pabrik adalah flasher bawaan pabrik yang ketahannya lebih awet dan lebih cocok pada kendaraa.
  • Flasher tipe bimetal adalah flasher alternatif sebagai pengganti flasher bawaan.
  • Flasher Tipe Transistor adalah Flasher yang telah dibekali full elektronik. Cara kerja flasher ini yaitu melakukan kontak langsung dengan motor yang sebelumnya yang sudah terkoneksi dengan saklar di lampu sein.

Demikian informasi mengenai fungsi dan jenis-jenis flasher motor. Semoga informasi tentang flasher motor ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Kontributor : Ulil Azmi

Tinggalkan komentar