Ganti Pelek Mobil Bikin Boros BBM?

cakrawalaRafflesia – Modifikasi pelek kerap menjadi sasaran para pemilik mobil untuk membuat tampilannya lebih lebih sporty atau elegan. Namun mengganti pelek mobil yang tidak sesuai aturan nyatanya dapat membahayakan keselamatan.

Lantas, apakah benar adanya jika mengganti pelek mobil dengan ukuran yang lebih besar dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros?

Dealer Technical Support Dept. PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi membenarkan pernyataan tersebut. Menurutnya ganti pelek mobil menyebabkan pemborosan BBM apabila ukuran pelek lebih besar daripada ukuran standar bawaan pabrik.

“Karena semakin besar ukuran pelek, membuat gesekan saat roda berputar akan semakin besar. Akibatnya kinerja mesin menjadi lebih berat dan akan mengakibatkan kebutuhan bensin di ruang bakar meningkat,” ujar Didi Ahadi, dikutip dari Auto2000, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga:
Pelek Mobil Panas Jadi Indikasi Adanya Masalah?

Oleh karenanya, sambung Didi, jika ingin mengganti pelek mobil, maksimal mengganti dengan ukuran dua tingkat di atas ukuran pelek standar. Sebab jika lebih dari dua tingkat dari pelek standar akan menambah beban dari kinerja mesin serta meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Selain meningkatkan konsumsi bahan bakar, ganti pelek mobil dengan ukuran yang lebih besar juga akan membuat penggunaan ban dengan aspect ratio menjadi lebih tipis. Sehingga bantingan ban akan terasa keras.

“Perlu sekali sebelum ganti pelek mobil, konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya atau bisa juga datang ke bengkel kepercayaan,” tutup Didi Ahadi.

Baca Juga :  Sediakan Uji Emisi Gratis Tiga Hari, Pemerintah Kota Jakarta Barat Targetkan 2.500 Mobil Ikut Serta

Tinggalkan komentar