Hyundai ciptakan afiliasi baru di Amerika Serikat

Jakarta (cakrawalaRafflesia) – Hyundai Motor Group mengatakan bahwa pihaknya sedang mendirikan afiliasi investasi baru di Amerika Serikat, sebagai tindak lanjut dari janji untuk menginvestasikan 10,5 miliar dollar AS di ekonomi terbesar dunia itu.

Baca juga: Hyundai Motor tunda peluncuran mobil hidrogen Nexo yang ditingkatkan

Afiliasi baru, sementara bernama HMG Global, akan didirikan di Delaware dan didanai oleh tiga “lengan” andalan Hyundai, yaitu Hyundai Motor Co., Kia Corp. dan Hyundai Mobis Co., menurut pengajuan peraturan yang diposting oleh perusahaan, dikutip Yonhap, Jumat.

“Pembentukan afiliasi baru akan memungkinkan kami untuk lebih cepat berinvestasi di perusahaan dengan teknologi baru di Amerika Serikat, rumah bagi banyak perusahaan inovatif, dan kami diharapkan untuk mengelolanya secara efisien,” kata grup tersebut.

Hyundai Motor dan afiliasinya yang lebih kecil, Kia, bersama-sama akan menyuntikkan dana gabungan sebesar 578 juta dollar AS untuk unit Amerika yang baru.

Hyundai Motor dan Hyundai Mobis, afiliasi pembuatan suku cadang mobil, juga akan mentransfer saham pengendali mereka di Boston Dynamics, sebuah perusahaan robotika AS yang diakuisisi Hyundai dua tahun lalu, ke afiliasi AS yang baru.

Dengan demikian, Hyundai Motor akan memiliki 49,5 persen di afiliasi baru, dengan Kia memiliki 30,5 persen dan saham Hyundai Mobis 20,5 persen.

Afiliasi AS yang baru diharapkan akan diluncurkan sekitar Agustus setelah persetujuan peraturan.

Langkah itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari pengumuman Hyundai pada akhir Mei yang akan menghabiskan 5,5 miliar dollar AS untuk membangun kendaraan listrik dan pabrik sel baterai di Georgia.

Pengumuman itu dibuat ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi Korea Selatan untuk pertemuan puncak dengan Presiden Yoon Suk-yeol.

Baca Juga :  Penjualan Hyundai dan Kia turun imbas kekurangan chip global

Ketua Grup Hyundai Motor Euisun Chung, yang bertemu langsung dengan Biden di Seoul pada Mei, menjanjikan investasi tambahan 5 miliar dollar AS di pasar Amerika Serikat untuk mendorong mesin pertumbuhan masa depan mulai dari robotika dan mobilitas udara perkotaan hingga teknologi mengemudi sendiri, demikian dikutip dari Yonhap pada Jumat.

Baca juga: Hyundai akan ungkap model IONIQ 6 bulan depan

Baca juga: Mencoba Hyundai IONIQ 5 ke luar kota tanpa isi daya listrik

Baca juga: Cara merawat agar baterai mobil listrik Hyundai IONIQ 5 tetap awet

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © cakrawalaRafflesia 2022

Tinggalkan komentar