Site icon Otomotif

Kesan pertama mengendarai Hyundai IONIQ 5

Jakarta (cakrawalaRafflesia) – Salah satu kendaraan yang menyita perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 adalah mobil listrik. ukuran sedang Yang terbaru dari Hyundai, IONIQ 5.

cakrawalaRafflesia berkesempatan menguji performa mobil listrik murni pertama (Battery Electric Vehicle/BEV) yang diproduksi massal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Baca juga: Menjajal Performa dan Fitur All New Honda BR-V Rute Jakarta-Semarang

Berikut review kesan pertama mengemudikan varian IONIQ 5 Signature.

Eksterior

Dari sisi eksterior, IONIQ 5 hadir dengan desain yang futuristik. Sisi depan kendaraan dilengkapi dengan Lampu Depan LED Piksel Parametrik dan Hiasan Tengah Depan LED Tersembunyi. tipe kerudung kulit kerang membuat IONIQ 5 mampu mengoptimalkan sisi aerodinamis berkendara.

Di sisi belakang, IONIQ 5 menampilkan fitur khasnya dengan Lampu Kombinasi Belakang LED Parametrik Pixel disertai formulir bocoran aerodinamis.

Baca juga: Coba Sensasi Berkendara dengan All New Honda Civic RS

Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)

Di bagian samping, gagang pintu IONIQ 5 menggunakan tipe Gagang Pintu Siram yang terlihat rata dengan bodi saat mobil terkunci. Gagang Pintu Siram ini bekerja secara manual pada tipe Prime dan secara otomatis pada tipe Signature.

Interior dan fitur

Masuk ke dalam, pengemudi akan disambut dengan interior yang masih mengusung tema futuristik seperti bagian luarnya. Meski mobil ini terlihat sedikit lebih kecil dari luar, ternyata bagian dalam IONIQ 5 cukup luas dan cocok untuk dikendarai oleh pengendara Indonesia.

Hyundai mengatakan IONIQ 5 menerapkan beberapa bahan ramah lingkungan untuk interiornya.

Konsol tengah dapat dipindahkan dan dapat digeser ke belakang sejauh 140 mm, dikombinasikan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, dan kursi depan yang dapat disetel dan direbahkan sepenuhnya.

Baca juga: Mencicipi MPV Premium Hyundai Staria 300 KM

Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)

Saat menengadah, kelapangan dan keterbukaan ruang kabin IONIQ 5 semakin terasa dengan hadirnya Atap Visi, yakni panel kaca besar yang memberikan pemandangan luas ke langit bagi penumpang di barisan depan hingga barisan belakang.

Kemudian, setiap kursi di IONIQ 5 memiliki berbagai fitur yang sesuai dengan kriteria kebutuhan setiap penumpang. Ada juga fitur pelengkap lainnya seperti Kursi Relaksasi Premium, pencahayaan suasana LED ambient, dan BOSE Psistem suara remium dengan 8 pembicara.

Sedangkan untuk kebutuhan hiburan dan konektivitas lain yang tersedia, Layar Audio Sentuh LCD TFT 12,3 inci Penuh, serta beberapa poin dan jenis pengisian daya ponsel.

Baca juga: Nissan Kicks Test Drive di Tiga Jalan Berbeda

Baca juga: Suzuki: Permintaan “test drive” di rumah meningkat selama pandemi

Baca juga: OtoDeals Hadirkan Layanan “test drive from home”


Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)

Pertunjukan

Saat pertama kali memasuki dan mengendarai IONIQ 5, cakrawalaRafflesia perlu beradaptasi dengan penempatan tombol fitur berkendara yang cukup berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya. Mulai dari tombol kekuatan, P/N/D/R, dan banyak lagi. Namun, tidak butuh waktu lama untuk membiasakan diri dengan penempatan tombol-tombol tersebut.

Dari sisi performa, cakrawalaRafflesia melakukan uji coba IONIQ 5 di sekitar kawasan Kemayoran, Jakarta, selama kurang lebih satu jam. Mobil ini bisa dikatakan cukup irit dalam hal konsumsi daya, mengingat pada periode tersebut hanya mengkonsumsi daya sekitar 4-5 persen.

IONIQ 5 memiliki tiga mode berkendara atau Drive Mode yang digunakan untuk menyesuaikan karakteristik berkendara, yaitu mode Normal, Sport, dan Eco.

Baca juga: “GroominX Concierge”, test drive dan potong rambut dengan BMW

Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)

Mode mengemudi ini juga akan mempengaruhi tampilan layar pada Kluster instrumen LCD TFT 12,3 inci Penuh yang sepertinya menyatu dengan kepala Unit. Transisi perubahan cakrawalaRafflesia tiga mode berkendara juga sangat mulus.

Selain itu, IONIQ 5 adalah mobil listrik pertama yang dibangun di atas Platform Modular Listrik-Global (E-GMP), platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

E-GMP dirancang untuk meningkatkan performa menikung dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi, serta meningkatkan performa, jarak tempuh berkendara, kenyamanan dan keamanan.

IONIQ 5 membutuhkan waktu 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range), untuk menagih hingga 100% menggunakan fasilitas pengisi daya dinding atau Pengisi Daya AC.

Baca juga: Renault menawarkan Triber “test drive” di rumah

Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)



Mobil membutuhkan waktu 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range), untuk mengisi daya hingga 80 persen di fasilitas pengisian cepat atau Pengisi Daya DC Kapasitas daya 50kW.

Selain itu, IONIQ 5 dilengkapi dengan fitur Kendaraan-untuk-Muat atau V2L yang memungkinkan pengguna mendapatkan daya listrik mobil sebesar 3,6 kW yang dapat digunakan secara bebas untuk mengisi daya perangkat listrik apa pun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

Arus listrik V2L dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat digunakan secara bersamaan, yaitu dari port pengisian di bagian luar yang dapat digunakan saat mobil dalam keadaan berhenti atau mati, atau dari Pelabuhan yang terletak di bagian dalam atau tepatnya di bawah jok baris kedua yang masih bisa digunakan meski mobil sedang dikendarai.

Baca juga: Kesan MG ZS, SUV “cross-breed” Inggris-China yang baru

Varian Hyundai IONIQ 5 Signature di sela-sela ajang IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). (cakrawalaRafflesia/Arnidhya Nur Zhafira)

IONIQ 5 juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense yang terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya saat berkendara.

Beberapa di antaranya adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW). ), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Assist System (BAS) dan Smart Cruise Control dengan Stop & Go Function (SCC w/ S&G).

Secara keseluruhan, IONIQ 5 menawarkan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang menyenangkan. Dengan berbagai fitur futuristik dan keamanan akan meningkatkan kepercayaan diri pengendara dan meramaikan wajah kendaraan listrik Indonesia.

Baca juga: 1.200 Pengunjung Mencoba Kendaraan Wuling di Arena Test Drive

Baca juga: “Road Trip” Singkat Cikarang-Cirebon dengan All New Ertiga

Baca juga: Uji Coba Honda Civic Hatcback RS Jakarta-Tangerang

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © cakrawalaRafflesia 2022

Exit mobile version