Menguji kecanggihan teknologi keselamatan di All New Toyota Veloz

Jakarta (cakrawalaRafflesia) – Usai diluncurkan ke publik pada November tahun lalu, PT Toyota Astra Motor terus berupaya mempromosikan mobil segmen MPV tujuh penumpang mereka yakni All New Toyota Veloz.

Baca juga: Toyota All New Veloz raih rating lima bintang ASEAN NCAP

Terbaru, PT TAM mengajak media untuk mencoba fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) yang tersemat pada Toyota Veloz tipe tertinggi. Tes tersebut digelar pada Rabu (29/6) di beberapa kawasan di Jakarta.

Melalui kegiatan tersebut, Toyota berharap media memperoleh pengalaman langsung dan menyeluruh tentang cara kerja teknologi keselamatan yang terpasang di mobil Veloz baru.

Baca juga: Ekspor TMMIN ditarget naik 51 persen, Toyota Veloz jadi andalan

cakrawalaRafflesia berkesempatan menjajal kecanggihan sejumlah fitur keselamatan, seperti Lane Departure Warning, Pre-collision Warning and Pre-collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, serta All Around View Camera.

Fitur pertama yang dicoba adalah Lane Departure Warning. Fitur ini membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja.

Saat cakrawalaRafflesia mencoba berpindah jalur secara tidak sengaja tanpa memberi aba-aba lampu sein, fitur ini akan memberi tanda peringatan dan mengoreksi kemudi agar tetap berada di jalur.

Fitur selanjutnya yang dicoba adalah Pre-collision Warning and Pre-collision Braking. Kedua fitur tersebut dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan.

cakrawalaRafflesia mencoba memacu kendaraan dengan kecepatan sekitar 30 km/jam dengan injakan gas yang konstan. Di ujung lintasan terdapat replika bagian bodi belakang Toyota Veloz yang terbuat dari gabus sebagai pengganti kendaraan.

Baca juga: Menelusuri Pulau Dewata dengan Toyota All New Veloz dan Avanza

cakrawalaRafflesia tetap menginjak gas secara konstan meski mobil sudah mendekati replika kendaraan. Alhasil, saat jarak mobil sudah sekitar satu meter dari objek replika, fitur tersebut aktif dan mengintervensi dengan menghentikan mobil.

Baca Juga :  Upaya Toyota dukung pemerintah tekan angka emisi karbon

Kunci dari fitur tersebut adalah gas yang konstan. Apabila gas terus diinjak secara konstan hingga mendekati objek kendaraan di depan, sistem membaca bahwa pengendara sedang lengah atau tidak siap, sehingga fitur akan aktif untuk menghentikan kendaraan guna mencegah terjadinya tabrakan.

Sebaliknya, apabila gas dilepas atau dikurangi ketika mobil mendekati objek kendaraan di depan, maka sistem membaca bahwa pengemudi sadar atau mengetahui bahwa terdapat objek kendaraan di depan, sehingga fitur tersebut tidak akan aktif.

Fitur keselamatan tersebut dirasa sangat berguna pada situasi-situasi tertentu, misalnya ketika pengemudi mengantuk atau kelelahan yang membuat konsentrasi menurun.

Fitur selanjutnya adalah Pedal Misoperation Control. Fitur ini membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas.

Saat mobil dalam keadaan diam dan transmisi berada pada posisi D atau Drive, cakrawalaRafflesia mencoba menekan pedal gas secara kuat dan dalam dengan sekali injakan. Ternyata mobil tidak bergerak dan gas hanya meraung.

Sistem keamanan membaca bahwa pengemudi salah menginjak pedal gas sehingga fitur aktif dan mobil tidak bergerak. Fitur ini sangat berguna ketika pengemudi salah menginjak pedal gas, sehingga kemungkinan terjadinya tabrakan dapat dihindari.

Baca juga: Peminat Toyota All New Veloz lebih banyak dibandingkan Avanza

cakrawalaRafflesia lalu mencoba fitur Front Departure Alert. Fitur ini akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika kendaraan di depan berjalan menjauh. Fitur itu sangat penting ketika sedang berada di tengah kemacetan.

Fitur terakhir yang dicoba cakrawalaRafflesia adalah All Around View Camera atau kamera 360. Fitur tersebut bermanfaat ketika sedang parkir atau berkendara di jalan sempit. Pengemudi bisa mengetahui kondisi atau keadaan di sekitar kendaraan sehingga meminimalisir potensi terjadinya benturan.

Baca Juga :  Pertamina RD bukti keunggulan teknologi dalam negeri

All New Veloz juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium.

T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di All New Avanza, yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Secara keseluruhan, cakrawalaRafflesia merasakan kecanggihan dari fitur keselamatan TSS yang tersemat pada All New Toyota Veloz varian tertinggi. Keberadaan teknologi tersebut dirasa sangat berguna untuk memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal saat berkendara sehingga memberi jaminan rasa aman.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa penerimaan masyarakat terhadap kehadiran All New Toyota Veloz sangat baik.

Dari sekitar 40 persen market share Avanza dan Veloz, sekitar 17 persen adalah penerimaan untuk mobil jenis Veloz.

Baca juga: Toyota catat total SPK 4.502 Unit selama periode GIIAS 2021

Namun, dia menilai penjualan bisa semakin terus terkatrol naik apabila masyarakat semakin memahami tentang fitur-fitur unggulan yang terdapat pada All New Toyota Veloz, termasuk teknologi keselamatan TSS.

“Kami yakin bisa lebih baik lagi karena rasanya promosi atau edukasi mengenai produk TSS juga harus kita galakkan lagi,” kata Anton.

All New Veloz tersedia dalam tiga pilihan tipe yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense), dengan dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Sementara itu, dikutip dari laman situs Toyota Astra Motor, All New Veloz tipe terendah yaitu MT dijual dengan harga Rp286 juta, tipe Q CVT dijual Rp309,1 juta, sedangkan tipe tertinggi Q CVT TSS dibanderol Rp 331,1 juta.

Baca Juga :  Vinfast buka peluang masuki pasar truk pikap listrik

Baca juga: Toyota Indonesia bakal ekspor Veloz ke 16 negara mulai tahun depan

Baca juga: All New Avanza dan Veloz berpenggerak roda depan, ini alasan Toyota

Baca juga: Agya hingga Veloz, Toyota hadirkan lima model GAZOO Racing

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © cakrawalaRafflesia 2022

Tinggalkan komentar