Orang Ini Melakukan Eksperimen Penguapan Bensin di Tengah Cuaca Terik, Hasilnya Bikin Penasaran

cakrawalaRafflesia – Sebagian besar dari kita yang menggunakan kendaraan selama musim panas mencoba untuk mendapatkan kendaraan yang diparkir di tempat teduh bahkan jika itu selama beberapa menit.

Tapi tidak dengan motor. Tak sedikit dari orang yang asal parkir, membuat tunggangan mereka terpapar sinar matahari di cuaca panas.

Terkait hal ini ada orang yang youtuber MECHANICAL TECH HINDI yang melakukan eksperimen. Ia berusaha membuktikan bahwa ada penguapan bensin di cuaca terik.

Dilansir dari Cartoq, dikatakan bahwa bensin dari tangki menguap ketika sepeda motor diparkir di bawah matahari yang coba dibuktikan melalui video tersebut.

Baca Juga:
Vario 160 Terbaru 2021: Spesifikasi dan Fitur Lengkap, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi motor Yamaha. (Unsplash/Ajmal K P)
Ilustrasi motor Yamaha. (Unsplash/Ajmal K P)

Dia mengambil gelas pengukur kaca bening dan kemudian menuangkan bensin yang dia bawa dalam botol ke dalamnya.

Setelah menuangkan bensin ke dalam cangkir, dia menunggunya mengendap sehingga dia dapat mengambil pengukuran yang tepat. Dia menyebutkan bahwa botol itu memiliki 910 ml bensin di dalamnya.

Eksperimen dilakukan saat hari yang cerah berangin juga. Suhu yang ditampilkan pada smartphone sekitar 33 derajat Celcius.

Vlogger menuangkan bensin ke dalam cangkir dan memulai stopwatch di ponselnya. Dia menunggu selama 2 jam sebelum mengukur jumlahnya lagi.

Setelah satu jam, cukup jelas bahwa bensin dari bahan bakar pasti menguap. Tingkat penguapan jauh lebih tinggi dalam satu jam pertama jika dibandingkan dengan yang kedua. Di bagian timelapse video, tingkat bensin di cangkir dapat dilihat turun.

Baca Juga:
Pengendara Sepeda Motor di Mataram Terkena Anak Panah, Polisi Telah Kantongi Rekaman CCTV

Setelah menunggu selama dua jam, vlogger kembali dan memeriksa jumlah bensin yang tersisa di cangkir. Setelah 2 jam, cangkir itu hanya tersisa dengan 560 ml bahan bakar.

Baca Juga :  Brebet dan Susah Dinyalakan, Ini 5 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Dalam dua jam, hampir 350 ml bensin menguap ke udara tipis. Apakah karena matahari yang cerah, bensin menguap? Matahari adalah salah satu faktornya.

Ada beberapa faktor selain matahari yang menentukan hal ini. Misalnya, kecepatan angin, kelembaban juga memainkan peran penting.

Hal penting lain yang harus dicatat di sini dalam percobaan adalah bahwa vlogger mengujinya dalam cangkir dan itu sama sekali tidak tertutup ketika berada di bawah sinar matahari.

Jika Anda membandingkannya dengan sepeda motor, lubang tempat bahan bakar dituangkan sangat kecil. Semakin lebar mulut tutupnya, semakin banyak tingkat penguapan. Demikian pula elemen lain yang menjebak uap di dalam tangki bahan bakar.

Bensin pasti menguap tetapi, tingkat penguapan tidak sebanyak yang ditunjukkan di sini dalam video. Jika vlogger telah melakukan percobaan yang sama menggunakan motor atau telah menggunakan tumbler dengan tutup maka ia mungkin telah mencapai hasil yang lebih mirip dengan situasi motor parkir.

Tinggalkan komentar