Wajib Tahu sebelum Membeli Kendaraan Baru, Ini Artinya

cakrawalaRafflesia – Promo pembelian kendaraan baru biasanya disertai dengan beberapa istilah yang idealnya dipahami oleh pembelinya. Misalnya saja istilah on the road, yang biasa dicantumkan dalam pembelian kendaraan. Pengertian on the road sendiri wajib dipahami agar tidak terjadi salah kaprah.

Tentu ketika ada istilah on the road, ada pula istilah off the road. Nah agar pemahaman yang Anda dapatkan lebih baik, berikut pengertian keduanya.

Pengertian On The Road

Ilustrasi pembelian kendaraan baru. (Pixabay)
Ilustrasi pembelian kendaraan baru. (Pixabay)

Kode on the road dalam proses pembelian mobil baru biasanya akan diberikan oleh agen pemegang merk atau APM. Arti kode ini adalah bahwa harga yang diberikan pada kendaraan sudah termasuk  dengan biaya pengurusan dokumen kelengkapan jalan.

Baca Juga:
Apa Itu Cc Motor? Ini Pengertiannya

Dokumen ini mulai dari Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor atau BPKB, kemudian Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB, Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, dan pembayaran pajak. Jadi secara sederhana, mobil atau motor yang Anda beli bisa langsung digunakan secara legal di jalan raya.

Model pembelian kendaraan ini sangat memudahkan pembeli, karena bisa mempersingkat semua urusan pemberkasan kendaraan bermotor sehingga bisa langsung digunakan.

Pengertian Off The Road

Ilustrasi motor Suzuki Saluto. (Pixabay.com)
Ilustrasi motor Suzuki Saluto. (Pixabay.com)

Jika pengertian on the road seperti yang disampaikan di atas, maka istilah off the road digunakan untuk menggambarkan kondisi sebaliknya. Harga off the road artinya tidak termasuk pengurusan surat-surat jalan yang diperlukan kendaraan.

Jadi kendaraan off the road mengharuskan pembelinya untuk mengurus STNK, TNKB, BPKB, dan pajak secara mandiri langsung di instansi yang terkait. Harganya jelas akan lebih terjangkau, namun harus ada alokasi waktu khusus mengurus semua berkas ini sehingga kendaraan bisa ditunggangi secara legal di jalanan.

Baca Juga :  Canggih, Honda Bakal Bawa Teknologi Mobil Semi Otonom untuk Dijejalkan di Motor

Baca Juga:
Toyota Gabung ke Redwood Materials untuk Proyek Remanufaktur Baterai Mobil Listrik

Jika ingin lebih sederhana, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan surat-surat yang biasanya disediakan oleh dealer atau tempat pembelian kendaraan. Biayanya terbilang cukup masuk akal, jika dibandingkan dengan waktu pengurusan yang diperlukan untuk menyelesaikan semua proses ini.

Tinggalkan komentar