Target Luncurkan 30 Model Mobil Listrik 2030, Honda Kucurkan Investasi Rp 915 Triliun

cakrawalaRafflesia – Bulan lalu, Honda Motor Company Limited Jepang mengatakan pihaknya bermitra dengan Sony Corporation dalam mengembangkan mobil listrik yang akan dipasarkan mulai 2025.

Sedangkan tahun sebelumnya, produsen mobil berlogo “H” itu mematok target pemasaran mobil listrik murni mulai tahun 2040.

Dikutip oleh kantor berita Di cakrawalaRafflesia dari Reuters Rabu (13/4/2022), pernyataan terbaru Honda mengumumkan langkah untuk menganggarkan 8 triliun yen atau setara 64 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp. 915 triliun untuk penelitian dan pengembangan selama dekade berikutnya. Tujuannya adalah untuk meluncurkan 30 model kendaraan listrik secara global pada tahun 2030.

Honda CR-V Hybrid [Honda via ANTARA].
Honda CR-V Hybrid, sebagai ilustrasi salah satu mobil listrik Honda [Honda via ANTARA].

“Selama 10 tahun ke depan, kami akan menginvestasikan sekitar 8 triliun yen untuk biaya penelitian dan pengembangan,” kata Toshihiro Mibe, Ketua Pelaksana Honda.

Baca juga:
Tak Perlu Khawatir dengan Daya Tahan Baterai Mobil Listrik, All-New Toyota bZ4X di Jepang Hadir dalam Konsep Sewa

Sebagian besar investasi ini dialokasikan untuk elektrifikasi dan teknologi perangkat lunak. Sekitar 43 miliar yen (Rp 4,9 triliun) untuk produksi baterai solid-state, yang ditargetkan dimulai pada musim semi 2024.

Honda mengatakan akan memproduksi 2 juta kendaraan listrik per tahun pada tahun 2030 untuk mendapatkan pangsa pasar di sektor kendaraan listrik yang tumbuh cepat. Diketahui, pangsa pasar kendaraan listrik masih dipimpin oleh Tesla.

Honda juga mengatakan ingin membangun jalur produksi kendaraan listrik khusus di Amerika Utara, di mana perusahaan juga akan membeli baterai Ultium dari General Motors.

Selain kerjasama dengan General Motors, Honda juga sedang mempertimbangkan untuk membentuk joint venture produksi baterai di negeri Paman Sam itu.

Baca juga:
Yayasan Astra Honda Motor Kerjasama Update Zona Etika Lalu Lintas Smart Park Yogyakarta

Baca Juga :  Stoffel Vandoorne ke Jakarta, Ini Komentarnya Soal Trek Baru

Tinggalkan komentar