Tetap Aman saat Trabasan, Ini Tips Ampuh Pilih Sepatu Offroad yang Tepat

cakrawalaRafflesia – Hobi trabasan atau offroad memang menjadi salah satu kegiatan yang memacu adrenalin. Biasanya trabasan ini dilakukan di saat waktu luang seperti weekend atau libur tanggal merah.

Hal yang menjadi perhatian saat menjalankan hobi trabasan salah satunya yakni sepatu. Bagian ini menjadi vital ketika trabasan.

Dalam pemilihan sepatu untuk trabasan tidak bisa sembarangan lho. Pencinta trabasan harus paham tentang fungsi sesungguhnya sepatu tersebut.

Johannes Lucky, Manajer Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, penggunaan sepatu yang benar menjadi syarat mutlak pengendara untuk berkendara offroad.

Baca Juga:
Rudy Ubah Gedung DPRD Kabupaten Bogor Terbuka Untuk Masyarakat

“Hal ini untuk mencegah cedera pada kaki pengendara akibat terjatuh atau tertimpa kendaraan,” ujarnya.

Contoh sepatu offoar (Dok. AHM)
Contoh sepatu offoar (Dok. AHM)

Lalu bagaimana sih cara agar bisa pilih sepatu offroad yang aman dan tepat? Berikut 9 tips yang bisa dilakukan agar tepat dalam pemilihan sepatu offroad.

1. Sesuaikan dengan kondisi trek

Saat melaju di trek tanah, usahakan memakai sepatu dengan sol yang tebal dan bergerigi. Sementara untuk trek berbatu, disarankan mengunakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan mirip dengan sepatu gunung.

“Jika medan yang dilalui kombinasi bertanah dan berbatu, maka sol sepatu dengan tipe kombinasi bergerigi dan memiliki lekukan adalah pilihan terbaik,” sebutnya.

Baca Juga:
Jalan Rusak Bontang Lestari Diperbaiki di Februari, dengan Anggaran Rp 3,6 Miliar

“Pemilihan sol yang benar, sepatu dapat mencengkram dengan baik di medan yang dilalui,” ungkap Lucky.

Baca Juga :  Sebanyak 179.000 Mobil Tinggalkan Jabotabek di H1 Lebaran 2022

Tinggalkan komentar