Tips agar mobil tetap prima usai tempuh perjalanan jauh saat mudik

Jakarta (cakrawalaRafflesia) – Aktivitas mudik biasanya membuat mobil harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah beragam kondisi jalan yang tak selalu mulus.

Hal itu tentu akan mempengaruhi kondisi mobil sehingga Anda harus kembali melakukan pengecekan dan perawatan untuk memastikan mobil tetap prima dan siap digunakan untuk kembali beraktivitas.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan eksterior dan interior agar tetap berkilau. Misalnya, dengan mencuci mobil menggunakan shampo mobil, menghilangkan baret dengan compound, membersihkan sisa makanan dan minuman, vacuum seluruh interior, lap panel, dan pasang pengharum.

Kedua, cek komponen mesin, transmisi, gardan, dan rem. Pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli, cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di cakrawalaRafflesia min-max.

Ketiga, cek kondisi aki. Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal negatif.

Keempat, cek bagian kelistrikan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel, dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

Terakhir, cek kondisi kaki-kaki dan ban. Pastikan karet tidak sobek dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angin pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, lalu bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

Langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Namun, jika tidak ingin repot, Anda dapat mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat dan memanfaatkan program “Traktiran AstraPay” untuk mendapatkan layanan free interior pro cleaner seharga Rp90 ribu,”Kinclongin” untuk mendapatkan free poles all body untuk minimum pengecatan tiga panel, serta diskon 25 persen untuk pengerjaan AC.

Sebagai informasi, pada musim mudik Lebaran 2022, Daihatsu menyediakan 65 bengkel siaga dan melayani lebih dari 12 ribu pemudik. Jumlah kunjungan tersebut naik 166 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 7 ribu kunjungan.

Baca Juga :  Sebanyak 300 unit Wuling EV akan digunakan selama KTT G20

“Secara umum, servis yang kita lakukan itu 52 persen servis ringan, 47 persen perawatan berkala, dan lainnya itu servis body repair,” kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Selain itu, ada 6 area Pos Siaga Daihatsu di Lampung, Cikampek, Cipali, Salatiga, Jombang, dan Situbondo. Tercatat 215 unit kendaraan berkunjung untuk memanfaatkan fasilitas seperti perawatan kendaraan, area beristirahat, cek kesehatan gratis, dan promo pembelian oli.

Baca juga: Langkah perawatan motor yang dipakai mudik

Baca juga: Tujuh cara jaga kondisi motor tetap prima seusai perjalanan jauh

Baca juga: Begini tips berkendara irit bensin saat arus balik lebaran

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © cakrawalaRafflesia 2022

Tinggalkan komentar