Tips Kontrol Bukaan Gas Berkendara Sepeda Motor

cakrawalaRafflesia – Salah satu teknik berkendara sepeda motor yang penting untuk dikuasai pengendara adalah berakselerasi dengan halus dengan dibantu teknik bukaan gas atau throttle yang tepat.

Terutama bagi yang gemar mengandalkan akselerasi yang cepat, bukaan gas yang tepat saat berkendara tentu saja dapat memberikan performa yang lebih baik.

Berkendara sepeda motor memerlukan teknik bukaan gas yang tepat.

Pasalnya, apabila ada kesalahan dalam pengoperasian gas di sepeda motor, pengendara beresiko kehilangan pengendalian sepeda motor yang dikendarai, karena ban motor bisa slip dan terjadi kecelakaan.

Ditambah dengan kondisi jalan yang terkadang licin karena genangan air, jalan tidak rata maupun jalan berpasir yang membuat resiko ban selip saat akselerasi lebih tinggi.

Baca Juga:
Lampu Motor Wajib Nyala Sepanjang Hari, Begini Tips Merawatnya agar Tak Redup

Danang Hermanto, instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan beberapa tips kontrol bukaan gas dalam berkendara sepeda motor :

Ilustrasi Berkendara Pakai Sepatu (Pexels.com/Zszen John)
Ilustrasi berkendara sepeda motor. (Pexels.com/Zszen John)
  1. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman di motor, posisi duduk tidak terlalu maju ke depan ataupun terlalu mundur di jok motor, agar posisi tangan tidak terlalu menekuk maupun menjulur ke depan.
  2. Bahu, siku dan pergelangan tangan dalam posisi rileks, kondisi rileks memudahkan dalam mengoperasikan gas motor, karena akan lebih halus saat akselerasi.
  3. Saat memutar gas menggunakan telapak tangan, gunakan gerakan memutar dengan memanfaatkan pergelangan tangan, agar tetap bisa bermanuver saat melakukan akselerasi.
  4. Buka gas secara halus, selalu cek keadaan jalan di depan, apabila terdapat halangan seperti genangan air, pasir ataupun kerikil, perlu lebih hati-hati dalam menarik gas motor.
  5. Gunakan fitur Traction Control System (TCS), fitur ini bisa kamu temukan pada matik Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS dan Yamaha Xmax 250. Fitur TCS dapat membantu pengendara dalam berakselerasi, dimana fitur TCS berfungsi mencegah selip pada ban belakang, karena tenaga mesin yang tersalurkan ke ban sudah dikontrol oleh sistem TCS.
Baca Juga :  BBM dengan Oktan Tinggi Bakal Berikan Dampak Negatif Bagi Kendaraan?

Dengan menerapkan sejumlah poin tips tersebut, diharapkan kontrol bukaan gas saat berkendara bisa lebih aman.

Bukaan gas yang tepat, membuat akselerasi motor juga bisa lebih halus dan cepat dalam berkendara.

Tinggalkan komentar