Uji Coba Masuk Tol Tanpa Kartu Disarankan Mulai Bukan dari Mobil Pribadi

cakrawalaRafflesia – Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ menyarankan agar uji coba transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol tidak diterapkan kepada kendaraan pribadi terlebih dahulu.

Teknologi transaksi tol nirsentuh atau MLFF yang tak lagi membutuhkan kartu tol itu rencananya akan diuji coba pada akhir 2022, sebelum berlaku penuh di 2024 mendatang.

“Terkait dengan uji coba, kita mungkin akan mengujicobakan untuk kendaraan-kendaraan tertentu, misalnya diterapkan pada bus dulu, kita akan melihat perilaku pengguna seperti apa dengan teknologi baru tersebut,” ujar Direktur Lalu Lintas BPTJ Sigit Irfansyah dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Sigit mengatakan bahwa uji coba penerapan sistem MLFF di tol terhadap golongan kendaraan non-pribadi terlebih dahulu, dikarenakan jumlah populasi kendaraan pribadi yang sangat banyak.

Baca Juga:
BPJT: Transaksi Tol Nirsentuh Akan Berlaku Penuh di 2024

“Mungkin yang lebih mudah adalah dengan (golongan kendaraan) yang jumlah populasinya lebih kecil, agar kita bisa melakukan evaluasi secara bertahap,” katanya.

Direktur Lalu Lintas BPTJ tersebut mendukung penerapan sistem transaksi MLFF di jalan tol, karena sistem ini ingin menguntungkan pengguna jalan tol.

“MLFF tujuannya adalah ingin menguntungkan pengguna jalan tol,” katanya.

Kendati demikian Sigit juga menyarankan agar kemungkinan munculnya risiko non-buying customer atau konsumen yang tidak membayar akibat tidak adanya gerbang tol, dapat dipikirkan dan diantisipasi bersama-sama oleh semua pemangku kepentingan.

“Kalau saya melihat pengalaman di beberapa tempat, penerapan MLFF dengan skema yang berbeda seperti dengan menggunakan portal atau gentry sehingga risiko pengguna tol tidak membayar bisa dicegah. Sekarang teknologi MLFF yang dikembangkan di jalan tol Indonesia adalah tanpa pintu gerbang atau gentry tol,” katanya.

Baca Juga :  Potret Bentuk Honda Genio Bikin Geleng-geleng Kepala, Warganet Sebut Mirip Gerakan Salat

Baca Juga:
Transaksi Nirsentuh MLFF di Jalan Tol Diterapkan Mulai Akhir 2022

“Dengan demikian harus ada trust atau kepercayaan dari para pengguna jalan tol,” tambah Sigit.

Tinggalkan komentar